Parenting

Pilah Pilih Tk Aman & Nyaman

pascal-edu.com – Belajar dari kasus pelecehan seksual yang menimpa murid TK di sebuah sekolah internasional, pilihlah TK yang setiap lekuk-liku bangunannya mudah diawasi, mulai kelas, taman, hingga toilet. Itu salah satu syarat dalam memilih TK. Bagaimana syarat lainnya? Ada kekhawatiran saat membaca berita miris mengenai pelecehan seksual murid TK di sekolah internasional. Ternyata TK “mahal” pun tidak selamanya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan anak.

Pelajaran berharga lainnya, TK tersebut pun ternyata tidak memiliki izin sehingga akhirnya ditutup oleh Kemdikbud. Pertimbangan matang memang dibutuhkan saat mencari sekolah untuk buah hati. Bukan hanya karena gedungnya mentereng, bukan juga karena ia berstatus sekolah internasional. Ada hal-hal kecil yang menjadikan sekolah itu lebih istimewa bagi anak. Berikut panduan bagi Mama Papa saat akan memilihkan TK bagi Si Kecil:

* Kumpulkan daftar TK yang kira-kira cocok dengan kriteria. Pertimbangkan beberapa TK rekomendasi dari kerabat atau teman.

* Manfaatkan kesempatan open house. Menjelang akhir tahun biasanya beberapa sekolah (TK) akan mengadakan open house. Manfaatkan kesempatan ini untuk melihat kurikulum, metode belajar, para guru, dan bangunan fsik sekolah. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan pihak sekolah/ penanggung jawab sekolah. Bila perlu, libatkan anak. Ajaklah ia ke acara open house atau pada saat survei langsung. Lihat, apakah ia merasa nyaman di tempat tersebut.

* Perhatikan kualitas guru dan tenaga penunjang sekolah. Gali informasi dari para orangtua murid tentang kualitas guru di sekolah tersebut. Syarat untuk guru TK adalah yang telah mengikuti pendidikan guru TK atau PGTK, jadi tidak harus sarjana pendidikan. Sarjana Pendidikan dan Sarjana nonpendidikan plus akta berlaku untuk guru-guru SD, SMP, dan SMA. Yang lebih penting dari latar belakang pendidikannya, tentu guru TK harus mempunyai empati, kepedulian, dan kreativitas yang tinggi.