Bisnis

Servis Kulkas Tidak Dingin Paling Komplit Dan Terjangkau

Kulkas adalah peralatan rumah tangga yang penting dan berguna khususnya bagi ibu rumah tangga. Bagaimana tidak jika sebuah kotak persegi ini mampu menyimpan segala macam makanan supaya lebih awet dan tidak mudah rusak kualitasnya. Namun, penggunaan yang terkadang berlebihan atau volume makanan dan minuman yang terdapat didalamnya mampu membuat temperatur bermasalah sehingga sangat memerlukan servis kulkas tidak dingin.

Cara Servis Kulkas Tidak Dingin Dalam Beberapa Tahap Mudah

Sebenarnya sebelum Anda membawa kulkas untuk diservis karena tidak dingin, cobalah untuk mengeceknya terlebih dahulu apa yang membuat kulkas milik Anda tersebut apakah masalah pada temperaturnya. Anda tidak perlu khawatir karena tidak memiliki keahlian dalam memperbaiki dan nantinya akan rusak lebih parah, Anda hanya melakukan pengecekan apa masalah yang membuat kulkas bermasalah saja. Berikut yang harus dilakukan baik untuk kulkas satu atau dua pintu Anda:

  1. Tahap Pertama

Solusi awal yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kabel power supply dan bagian relay dari kulkas tersebut. Kabel Power supply berada di bagian belakang pada kulkas itu sendiri, pastikan bahwa kabel tersebut tidak terputus ataupun mengalami kerusakan. Jika rusak maka potong bagian yang rusak kemudian sambungkan menggunakan isolasi namun jika relay yang rusak maka perlu diganti yang baru.

  1. Tahap Kedua

Komponen kulkas kedua yang harus di periksa adalah bagian overload. Overload merupakan bagian mesin kulkas yang berfungsi sebagai pencegah kulkas mengalami panas yang berlebih atau overheat pada mesin kompresor. Untuk dapat memastikan overload tersebut dalam kondisi rusak adalah adanya bekas terbakar atau sudah keropos, jika sudah begitu maka perlu diganti dengan overload yang baru.

  1. Tahap Ketiga

Apabila power supply dan relay tidak mengalami masalah selanjutnya periksalah timer otomatis atau thermostat. Untuk memeriksa apakah thermostat dalam keadaan baik atau rusak, periksalah menggunakan multi tester. Cara memeriksanya adalah meletakkan multi tester dengan posisi range pada oHm (ꭥ), setelah itu hubungkan kabel di multitester dengan kedua socket thermostat lalu knop di putar searah jarum jam.

  1. Tahap Keempat

Servis kulkas tidak dingin berikutnya yaitu memeriksa temperatur control. Komponen kulkas ini berfungsi untuk memutus dan menyalakan arus listrik ke kompresor sesuai batas suhu dingin yang telah ditentukan. Tidak hanya itu saja, komponen ini juga berfungsi sebagai saklar utama yang berguna untuk mematikan dan menyalakan kulkas. Kerusakan komponen kulkas ini mengakibatkan kulkas tak dingin sehingga perlu diganti.

  1. Tahap Kelima

Pemeriksaan Timer Defrost adalah tahap kesekian yang harus diperhatikan jika kulkas tidak dingin. Komponen ini terletak di dalam kulkas sebagai saklar otomatis yang dibantu oleh dinamo mini untuk menggerakkan gerigi dalam timer. Timer Defrost juga digunakan sebagai pengatur waktu pencairan dan akan menyala kembali jika kompresor menyala. Rusaknya komponen ini atau kondisi off maka kompresor tidak bekerja.

Beberapa cara servis kulkas tidak dingin tanpa harus menggunakan teknisi diatas, dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tanpa biaya mahal untuk memperbaikinya. Namun, jika kelima cara tersebut tidak Anda temukan kerusakan maka Anda harus segera membawanya ke servis kulkas maupun jasa service mesin cuci yang telah tersertifikasi supaya alat atau komponen yang akan diganti merupakan produk asli keluaran pabrik kulkas tersebut. Selain itu, pergantian komponen asli tidak akan menimbulkan kerusakan berkelanjutan pada alat elektronik Anda pula.